Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Partai NasDem Unggul Perolehan Kursi DPRD Kabupaten/Kota Provinsi Sulawesi Tengah 2019 - 2024

Perolehan Kursi DPRD Kabupaten/Kota Provinsi Sulawesi Tengah
Perolehan Kursi DPRD Kabupaten/Kota Provinsi Sulawesi Tengah 2019-2024 (Sumber; KPU Data Diolah)

Partai NasDem berhasil menjadi partai yang mendapatkan kursi paling banyak untuk DPRD Kabupaten/Kota di Sulawesi Tengah pada pemilu tahun 2019.  Partai NasDem mendapatkan kursi tersebut berasal dari 45 Daerah Pemilihan masing-masing satu kursi dan enam Daerah Pemilihan masing-masing dapatkan dua kursi. Tidak ada satu pun Daerah Pemilihan kursinya kosong. .

Pemilihan anggota DPRD pada 13 Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2019 memperebutkan 375 kursi. Arena perebutan kursi tersebut tersebut dari 51 Daerah Pemilihan yang dibentuk oleh Komisi Pemilihan Umum.

Partai Nasdem Unggul Satu Kursi Atas Partai Golkar

Partai NasDem unggul satu kursi dibandingkan dengan Partai Golkar. Partai Nasdem mendapatkan kursi 57 sedangkan Partai Golkar 56. Jika dilihat dari ketersebarannya Partai NasDem sangat bagus karena semua setiap Daerah Pemilihan berhasil mendapatkan minimal kursi sehingga terbuka kesempatan lebih luas untuk memperjuangkan kepentingan rakyat seluruh Dapil.   

Keunggulan Partai Golkar jika dibandingkan dengan NasDem adalah meskipun Partai Golkar kosong di tujuh Dapil tetapi kursi yang diperoleh cenderung terpusat ke beberapa Dapil. Sebanyak 10 Dapil kursinya masing-masing dua dan satu Dapil kursinya 3. Hal ini berpotensi mendapatkan kursi ketua DPRD cukup besar

Partai Gerindra berada pada perangkat tiga dengan jumlah kursi 45. Urutan selanjutnya adalah PDIP dengan jumlah kursi 44. Perolehan kursi Partai Gerindra lebih tersebar karena hanya kosong di delapan Dapil sedangkan PDIP 13 Dapil. Kekuatan PDIP karena ada lebih banyak Dapil kursinya lebih dari satu, bahkan ada satu Dapil kursinya empat. Partai Demokrat berada pada perangkat empat dengan jumlah kursinya 33. Hanya satu Dapil dapat 2 kursi

Perolehan Kursi Partai Non Parlemen Cukup Signifikan di Sulawesi Tengah

Secara akumultif perolehan kursi partai non parlemen cukup besar di Sulawesi Tengah. Gabungan kursi Partai Hanura, Perindo, PKPI, dan Berkarya sebesar 13 9 persen. Tiga Partai yang mendapatkan kursi terbesar adalah Partai Hanura, Partai Perindo, dan PBB. Ketiga partai ini bahkan mengalahkan posisi PPP

Ada dua partai politik yang tidak mendapatkan kursi. Partai tersebut adalah  Partai Garuda dan PSI. Jadi ada 14 partai politik berhasil menempatkan wakilnya di DPRD Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Tengah.  

Dilihat dari jumlah kursi yang diperoleh, terdapat empat partai politik yang mendapatkan kursi signifikan. Perolehan kursi DPRD Kabupaten di Provinsi Sulawesi Tengah lebih 10 persen. Partai tersebut adalah Partai NasDem, Partai Golkar, Partai Gerindra, dan PDIP. 

 

Posting Komentar untuk "Partai NasDem Unggul Perolehan Kursi DPRD Kabupaten/Kota Provinsi Sulawesi Tengah 2019 - 2024"