Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peta Kekuatan Partai Politik di Provinsi Sulawesi Barat

Peta Kekuatan Partai Politik di Provinsi Sulawesi Barat
Perolehan Kursi DPRD Kabupaten Provinsi Sulawesi Barat 2019-2024 (Sumber: KPU, Data Diolah) 

Peta Kekuatan Partai Politik di Provinsi Sulawesi Barat dapat dilihat dari perolehan kursi DPRD Kabupaten dan penguasaan jabatan Ketua DPRD. Jumlah kursi DPRD yang diperebutkan adalah 185 kursi tersebar enam kabupaten. Partai Demokrat berhasil mendapatkan kursi terbanyak tetapi Partai Nasdem justru mendapatkan jumlah kursi DPRD lebih banyak. Berikut adalah ulasan tentang peta kekuatan partai politik untuk menghadapi Pemilu 2024 dengan menjadikan data hasil pemilu 2019 sebagai basis data.

Kekuatan Partai NasDem Di Provinsi Sulawesi Barat

Partai Nasdem berhasil menjadi Ketua DPRD di Kabupaten Mamasa dan Mamuju. Di Kabupaten Mamuju mendapatkan sembilan kursi. Partai ini mendapatkan dua kursi di tiga Dapil dan tiga kursi satu Dapil. Penguasaan kursi Partai Nasdem di ibu kota Provinsi Sulawesi Barat ini merupakan penguasaan kursi terbesar pada pemilu 2019 di wilayah ini. Partai NasDem berhasil mendapatkan 30 persen kursi dari 30 kursi yang diperebutkan. Di bawah Partai Nasdem ditempati oleh Partai Demokrat di Mamuju Tengah dengan penguasaan kursi sebesar 24 persen.  

Selain itu Partai Nasdem juga berhasil menjadi Ketua DPRD Kabupaten Mamasa dengan jumlah kursi empat. Unggul satu kursi dengan partai Demokrat, Golkar, PKB dan PKS. Dapil 3 (Mambi, Aralle, Tabulahan, Bambang, Rantebulahan Timur, buntukamase, mahalaan) Partai NasDem mendapatkan dua kursi sehingga mendapatkan empat kursi. Partai kompetitor lainnya hanya mendapatkan masing-masing satu kursi datu Dapil

Kekuatan dan Kelemahan Partai Politik Di Sulawesi Barat

Partai Demokrat meskipun sebagai partai yang mendapatkan kursi terbesar tetapi hanya mendapatkan jatah ketua DPRD di Kabupaten Mamuju Tengah. Perolehan kursi Partai Demokrat cukup merata semua kabupaten, kecuali Mamuju Utara. Partai Demokrat hanya mendapatkan dua kursi dari 30 kursi tersedia. Posisi Partai Demokrat di Mamuju Utara termasuk paling lemah dibandingkan dengan pencapaian di kabupaten lainnya

Partai Golkar mendapatkan kursi sama dengan partai NasDem tetapi hanya satu kabupaten sebagai Ketua DPRD yaitu Kabupaten Polewali Mandar. Sama dengan Partai Demokrat, Partai Golkar juga kekuatannya cukup signifikan semua kabupaten, kecuali di Kabupaten Mamuju. Golkar hanya mendapatkan 2 kursi dari 30 kursi yang diperebutkan. Posisi Partai Golkar di Mamuju termasuk paling lemah dibandingkan dengan pencapaian di kabupaten lainnya

Partai Hanura mendapatkan satu jatah kursi Ketua DPRD. Ketua DPRD Kabupaten Mamuju Utara menjadi hak Partai Hanura karena mendapatkan enam kursi. Unggul satu kursi dibandingkan dengan Partai Golkar. Selain di Mamuju Utara, Partai Hanura juga cukup kuat di Kabupaten Mamuju dan Mamasa. Titik lemah Partai Hanura ada di Kabupaten Majene dan Polewali Mandar

PPP berhasil menjadi Ketua DPRD Majene. Partai ini berhasil mendapatkan lima kursi. Unggul satu kursi dibandingkan dengan Partai Demokrat. Menariknya PPP mendapatkan satu kursi Ketua DPRD, meskipun hanya mendapatkan 12 kursi. Ada empat partai mendapat kursi lebih besar tetapi tidak mendapatkan jatah Ketua DPRD. Perolehan kursi partai PDIP, PAN, PKB dan Gerindra lebih besar dibandingkan dengan PPP. Titik lemah PPP ada di Kabupaten Mamuju, Mamuju Tengah dan Mamuju Utara.

Partai Gerindra, PDIP, PAN dan PKS berhasil mendapatkan kursi seluruh kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat.   Kelemahan partai ini adalah tidak ada kabupaten yang berhasil dimenangkan sehingga tidak mendapat jatah kursi Ketua DPRD.

PKB dan Perindo berhasil mendapatkan kursi di lima kabupaten. Hanya kosong satu kabupaten. PKB tidak punya wakil di Kabupaten Mamuju sedangkan Partai Perindo di Kabupaten Majene. Perindo mendapatkan kursi signifikan di Kabupaten Mamuju Tengah dengan jumlah kursi empat dan berhasil menempati peringkat dua. PKB dapat kursi paling besar di Kabupaten Polewali Mandar. Sama dengan Partai Golkar tetapi kalah jumlah suara sehingga Ketua DPRD menjadi milik Partai Golkar.

Kekuatan Partai Politik di Provinsi Sulawesi Barat dapat dilihat dari perolehan kursi dan penguasaan jabatan Ketua DPRD. Sebanyak 14 partai Politik yang mendapatkan kursi, lima diantaranya berhasil mengantarkan anggotanya menjadi Ketua DPRD. Partai NasDem berhasil menjadi Ketua DPRD dua kabupaten. Partai Golkar, Partai Hanura, PPP dan Partai Demokrat masing-masing mendapat satu Ketua DPRD.  

Posting Komentar untuk "Peta Kekuatan Partai Politik di Provinsi Sulawesi Barat"