Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PDIP Kuasai Perolehan Kursi DPRD Kabupaten/Kota Provinsi Sulawesi Utara 2019-2024

DPRD Kabupaten Kota Provinsi Sulawesi Utara
Perolehan Kursi DPRD Kabupaten/Kota Provinsi Sulawesi Utara Periode 2019-2024 (Sumber KPU, Data Diolah)

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menguasai perolehan kursi DPRD kabupaten/kota pada pemilu 2019 di Provinsi Sulawesi Utara. PDIP berhasil mendapatkan kursi 121 atau sekitar 30,6 persen dari total 395 kursi yang diperebutkan. Kursi tersebut di peroleh dari 17 Dapil masing-masing satu kursi, 19 Dapil masing-masing dua kursi, sembilan Dapil masing-masing tiga kursi, empat Dapil masing-masing empat kursi, dan tiga Dapil masing-masing lima kursi.

Partai Golkar berada pada urutan kedua dengan jumlah kursi 71 atau 18 persen. Selisih kursi dengan PDIP cukup jauh. Di bawah Partai Golkar adalah Partai NasDem dengan jumlah kursi 55 atau 8,4 persen. Perolehan kursi PDIP, Golkar dan NasDem  cukup dominan. Ketiga partai tersebut berhasil mendapatkan kursi lebih dari 60 persen

Partai Demokrat berada pada perangkat empat dengan jumlah kursi 33 sedangkan Partai Gerindra urutan kelima dengan jumlah kursi 22. Perolehan kursi kedua partai ini cukup jauh dengan perolehan ketiga partai sebelumnya.

Perolehan kursi partai non parlemen di Provinsi Sulawesi Utara cukup baik karena secara akumulatif berada di atas 10 persen. Kontribusi besar datang dari Partai Perindo, Partai Hanura, dan PKPI. Ketiga partai tersebut bahkan berhasil mengalahkan dua partai parlemen yaitu PKS dan PPP. PKS dan PPP hanya mendapatkan masing-masing delapan kursi.

Selain unggul perolehan kursi, PDIP juga mendapatkan kursi seluruh Daerah Pemilihan DPRD Kabupaten/Kota Provinsi Sulawesi Utara.  Partai Golkar dan Partai Nasdem juga cukup bagus penguasaan Daerah Pemilihan. Partai Golkar hanya kosong tiga Dapil sedangkan Partai Nasdem tidak punya wakil di delapan Daerah Pemilihan. Partai-Partai lain cukup banyak Dapil tidak punya perwakilan.  

Keunggulan lain PDIP adalah perolehan kursinya setiap Dapil dominan lebih dari satu kursi. Hanya 17 Dapil kursinya satu selebihnya lebih dari satu kursi. Bahkan satu-satunya partai yang berhasil mendapatkan lima  kursi pada tiga Dapil. Partai Golkar juga berhasil mendapatkan kursi  lebih dari dua kursi di empat Dapil.

Partai Demokrat, Partai NasDem, PAN, PKPI dan PPP, hanya mendapatkan kursi maksimal dua kursi setiap Dapil. Partai Lainnya hanya mendapatkan satu kursi setiap Dapil. Partai Gerindra biasanya cukup bagus pada provinsi lain, tetapi di Sulawesi Utara hanya mendapatkan masing-masing satu kursi di 32 Dapil

Kekuatan partai politik Provinsi Sulawesi Utara  didominasi oleh Partai PDIP, Partai Golkar, dan NasDem. Jumlah partai politik yang mendapatkan kursi adalah 15 partai. Hanya Partai Garuda tidak punya perwakilan di DPRD Kabupaten/Kota.

Penguasaan kursi DPRD Kabupaten/Kota Provinsi Sulawesi Utara sejalan dengan dominasi PDIP untuk perolehan kursi DPRD Provinsi, dan DPR RI. Provinsi ini merupakan salah satu daerah basis PDIP pada pemilu 2019. Apakah PDIP akan tetap menguasai perolehan kursi pada pemilu 2024? Tunggu hasil pemilu 2024 yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

 

Posting Komentar untuk "PDIP Kuasai Perolehan Kursi DPRD Kabupaten/Kota Provinsi Sulawesi Utara 2019-2024"