Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Partai Golkar Menguasai Kursi DPRD Kabupaten/Kota Provinsi Gorontalo Periode 2019-2024

Perolehan Kursi DPRD Kabupaten/Kota Provinsi Gorontalo Periode 2019-2024
Perolehan Kursi DPRD Kabupaten/Kota Provinsi Gorontalo Periode 2019-2024 (Sumber KPU, Data Diolah)

Partai Golkar menguasai perolehan kursi DPRD kabupaten/kota pada pemilu 2019 di Provinsi Gorontalo. Golkar berhasil mendapatkan kursi 32 atau sekitar 20,0  persen dari total 160 kursi yang diperebutkan. Kursi tersebut di peroleh dari 17 Dapil masing-masing satu kursi, empat Dapil masing-masing dua kursi, satu Dapil tiga kursi, dan satu Dapil empat kursi.

PDIP berada pada urutan kedua dengan jumlah kursi 24 atau 15 persen. Selisih kursi dengan Golkar lumayan jauh yaitu 5 persen . Di bawah Partai PDIP adalah Partai PPP dengan jumlah kursi 21 atau 13,1  persen.  Partai Nasdem berada pada perangkat empat dengan jumlah kursi 17. Urutan selanjutnya ditempati Partai Demokrat dan PAN

Perolehan kursi DPRD Kabupaten/Kota PPP di Provinsi Gorontalo cukup besar. Partai berlambang Ka’Bah ini berhasil meraih perangkat ketiga. Posisi ini istimewa karena pada provinsi lainnya dominan berada di luar perangkat lima besar.  

Perolehan kursi partai non parlemen di Provinsi Gorontalo  tidak signifikan.  Hanya dua partai yang mendapatkan kursi yaitu Partai Hanura dan Partai Perindo. Partai non parlemen lainnya tidak mendapat kursi. Partai tersebut adalah Partai Berkarya, Partai Garuda, PBB, PKPI dan PSI.

Selain unggul perolehan kursi, Partai Golkar juga bagus jangkauan penguasaan Dapilnya. Partai berlambang pohon beringin ini hanya kosong satu Daerah Pemilihan. Dapil yang kosong adalah Bone Bolango 1 meliputi Kecamatan Pinogu, Suwawa Selatan, Suwawa Tengah dan Suwawa Timur. PDIP dan PPP tidak punya wakil di enam DAPIL. Partai-partai lainnya cukup banyak Dapil tidak punya perwakilan.

Partai politik yang mendapatkan kursi lebih dari satu setiap Dapil merupakan keunggulan tersendiri karena berpotensi menjadi pimpinan DPRD. Ada empat partai politik perolehan kursinya lebih satu kursi cukup signifikan setiap Dapil yaitu Partai Golkar, PDIP, PPP dan Nasdem.

Keunggulan lain Partai Golkar  adalah hanya partai ini yang mendapatkan empat kursi satu Dapil. Partai ini mendapatkan empat kursi di Dapil Pahuwato 1 meliputi Kecamatan Marisa, Buntulia, Duhiadaa, dan Patilanggio. Untuk perolehan tiga kursi setiap Dapil hanya dua partai yaitu Partai Golkar dan PDIP. Partai Nasdem, PPP, Demokrat, dan Partai Gerindra hanya berhasil mendapatkan dua kursi setiap Dapil. Keunggulan PPP dan NasDem karena Dapil mendapatkan dua kursi, lebih banyak dari Demokrat dan Partai Gerindra

Kekuatan partai politik Provinsi Gorontalo  didominasi oleh Partai Golkar, PDIP, PPP, dan Partai NasDem. Jumlah partai politik yang mendapatkan hanya 11 partai. Partai politik yang mendapatkan kursi di DPRD Kabupaten/Kota Provinsi Gorontalo jika dibandingkan dengan provinsi lainnya termasuk kurang. 

Keberhasilan Partai Golkar mendapatkan kursi terbanyak di DPRD Kabupaten/Kota Provinsi Gorontalo sejalan dengan penguasaan kursi DPRD Provinsi dan DPR RI. Selama periode 2019-2024 partai ini akan berkontribusi besar dalam pembangunan di Provinsi Gorontalo. Meskipun tidak mudah karena perolehan kursi di DPRD Kabupaten/Kota tidak mencapai mayoritas sehingga sangat tergantung juga partai lainnya. 

Pemilu 2024 akan datang menjadi evaluasi dari pemilih apakah puas atas kinerja partai politik selama lima tahun. Apakah Partai Golkar akan tetap menguasai perolehan kursi DPRD Kabupaten/Kota? Mari kita tunggu hasil pemilihan 14 Februari 2024.     


 

Posting Komentar untuk "Partai Golkar Menguasai Kursi DPRD Kabupaten/Kota Provinsi Gorontalo Periode 2019-2024 "