Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Profil Partai NasDem

 Nomor Urut dan Lambang Partai NasDem Pemilu 2024

Nomor Urut dan Lambang  Partai NasDem

Partai Nasional Demokrat (NasDem) adalah salah satu partai politik di Indonesia yang telah dua kali ikut pemilu, yaitu Pemilu 2014 dan Pemilu 2019. Pada pemilu 2024 Partai NasDem akan ikut pemilu lagi setelah lolos verifikasi administrasi yang telah dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum.

Pendiri dan Sejarah Awal Berdirinya Partai NasDem

Tokoh utama berdirinya Partai NasDem adalah Surya Paloh. Sebelum mendirikan Partai NasDem Surya Paloh adalah anggota Partai Golkar dan menjabat sebagai Ketua Dewan Penasehat Partai  untuk periode kepengurusan 2004-2009 saat Jusuf Kalla menjabat sebagai Ketua Umum Partai Golkar. Pada tahun 2009 Surya Paloh maju pada perebutan Ketua Umum Partai Golkar dan bersaing dengan Aburizal Bakrie. Kongres yang dilaksanakan di Pekan Baru, Riau tersebut dimenangkan oleh Aburizal Bakrie dengan jumlah suara 296 sedangkan Surya Paloh 240 Suara

Setelah kalah pada kongres Partai Golkar, Surya Paloh kemudian bersama dengan sejumlah tokoh mendirikan organisasi kemasyarakatan Nasional Demokrat yang disingkat NasDem. Deklarasi Pembentukan ormas tersebut dilaksanakan pada tanggal 1 Februari 2010. Sebanyak 45 tokoh nasional yang mendeklarasikan ormas tersebut. Tokoh-tokoh tersebut antara lain Anies Baswedan, Basuki Tjahaja Purnama, Budiman Sudjatmiko, Didik J Rachbini, Ferry Mursyidan Baldan, Franky Sahilatua, dan sejumlah tokoh lainnya.

Setelah mendirikan ormas Nasional Demokrat tahun 2010, Surya Paloh kemudian mempelopori pendirian Partai NasDem pada tahun 2011. Partai NasDem didirikan berdasarkan akte notaris tepat pada tanggal 1 Februari 2011 bertempat di Jakarta . Partai ini kemudian dideklarasikan pada tanggal 26 Juli tahun 2011. Lalu didaftarkan di Kementerian Hukum dan Ham pada tanggal 27 Juli 2011.  Kementerian Hukum dan HAM menetapkan Partai Nasdem sebagai Badan Hukum pada tanggal 11 November Tahun 2011. Penetapan Badan Hukum oleh Kementerian Hukum dan HAM ditetapkan sebagai tanggal pendirian Partai NasDem

Kelahiran Partai NasDem tidak bisa dipisahkan dari organisasi kemasayarakatan Nasional Demokrat. Meskipun secara hukum tidak ada dasar legalitas yang mengubah ormas  NasDem menjadi Partai NasDem tetapi secara jaringan dan simbol-simbol mempunyai kesamaan sehingga dapat disimpulkan bahwa ormas  Nasional Demokrat adalah cikal bakal berdirinya Partai NasDem.

Visi dan Misi Partai Nasdem

Berdasarkan Hasil Kongres II Tahun 2019 Visi Partai Nasdem sebagaimana tercantum pada pasal 5 Anggaran Dasar adalah  “Indonesia Yang Merdeka Sebagai Negara Bangsa Berdaulat Secara Ekonomi dan Bermartabat Dalam Berbudaya”.

Selanjutnya menjadi Misi Partai NasDem adalah:

1. Membangun politik demokratis berkeadilan, berarti menciptakan tata ulang demokrasi yang membuka partisipasi politik rakyat dengan cara membuka akses masyarakat secara keseluruhan. Mengembangkan model pendidikan kewarganegaraan untuk memperkuat karakter bangsa, serta melakukan perubahan menuju efisiensi sistem pemilihan umum. Memantapkan reformasi birokrasi untuk menciptakan sistem pelayanan masyarakat. Melakukan reformasi hukum dengan menjadikan Undang-Undang Dasar 1945 sebagai kontrak politik kebangsaan;

2.  Menciptakan demokrasi ekonomi dengan terciptanya partisipasi dan akses masyarakat dalam kehidupan ekonomi negara, termasuk NasDem didalamnya distribusi ekonomi yang adil dan merata yang akan berujung pada kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia. Dalam mewujudkan cita-cita ini maka perlu mendorong penciptaan lapangan kerja, sistem jaminan sosial nasional, penguatan industri nasional, serta mendorong kemandirian ekonomi tingkat lokal; dan

3.  Menjadikan gotong royong sebagai karakter bangsa. Dalam mewujudkan ini maka sistem yang menjamin terlaksananya sistem pendidikan nasional yang terstruktur dan menjamin hak memperoleh pendidikan bagi seluruh rakyat Indonesia. Menyelenggarakan pendidikan kewarganegaraan yang menciptakan solidaritas dan soliditas nasional, sehingga seluruh rakyat Indonesia merasakan cita rasa sebagai sebuah bangsa dan menjadikan gotong royong sebagai amalan hidup keseharian. Kebudayaan ini akan menciptakan karakter bangsa yang martabat dan menopang kesiapan Negara dalam kehidupan global.

Keikutsertaan Partai NasDem Dalam Pemilu

Partai NasDem ikut pemilu pertama kali pada tahun 2014 dengan nomor urut 1 (satu). Pada pemilu tersebut Partai NasDem berhasil mendapatkan kursi DPR sebanyak 35 kursi dengan total suara 8.402.812 atau setara 6,72 persen. Partai Nasdem  berada pada perangkat ke-9 dari 10 partai yang mendapatkan kursi DPR.

Bersama dengan PDIP dan PKB, Partai NasDem menjadi partai pengusung pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo – Jusuf Kalla. Pemilu yang dilaksanakan 9 Juli 2014 dimenangkan oleh pasangan Joko Widodo - Jusuf Kalla. Pasangan ini berhasil mengalahkan Pasangan Calon Presiden Prabowo – Hatta Rajasa.

Berbeda dengan 2014 dimana pelaksanaan pemilihan presiden dan anggota legislatif dipisah Pemilu 2019 dilaksanakan secara serentak. Sebanyak 16 partai politik ikut pemilu. Pemilu 2019 Partai NasDem mendapatkan nomor urut 5

Perolehan kursi partai Nasdem di DPR meningkat dari 35 kursi menjadi 59 kursi. Selain itu pasangan Calon Presiden  dan wakil presiden usungan Partai Nasdem keluar sebagai pemenang. Pasangan Joko Widodo – Ma’ruf Amin mengalahkan pasangan Prabowo – Sandiaga Uno.

Pengurus Partai NasDem

Ketua Umum pertama Partai NasDem adalah Patice Rio Capella yang menjabat tanggal 26 Juli 2011 – 25 Januari 2013.  Posisi Patrice Rio Capella kemudian digantikan oleh Surya Paloh berdasarkan kongres I Kongres I Partai NasDem yang digelar pada 25-26 Januari 2013 di Jakarta. Surya Paloh kemudian menjabat sebagai Ketua Umum sampai saat ini.  

 

Berikut adalah pengurus Partai Nasdem berdasarkan Surat Keputusan tertanggal 11 November 2019

 

KETUA UMUM :  SURYA PALOH

 

Wakil Ketua Umum : Ahmad H M. Ali


Ketua Koordinator Bidang Kebijakan Publik dan Isu Strategis : Suyoto


Ketua Bid Hubungan Internasional : Martin Manurung

Ketua Bid Ekonomi : Shanti Ramchand

Ketua Bid UMKM : Niluh Jelantik

Ketua Bid Agama dan Masyarakat Adat : Hasan Aminuddin

Ketua Bid Tenaga Kerja dan Transmigrasi : Irma Suryani 

Ketua Bid Kesehatan : Okky Assokawati

Ketua Bid Perempuan dan Anak : Amelia Anggraini

Ketua Bid Pendidikan dan Kebudayaan : Nining Indra Saleh

Ketua Bid Hukum dan HAM : Taufik Basari

Ketua Bid Pariwisata dan Industri  Kreatif : Ida Bagus Oka Gunastawa

Ketua Bid Pertahanan dan Keamanan : Supiadin Aries Saputra

Ketua Bid Pertanian, Peternakan dan Kemandirian Desa : Sulaeman L Hamzah

Ketua Bid Maritim : Nurul Alfmy Hafid

Ketua Bid Pemuda dan Olahraga : Moh Haerul Amri

Ketua Bid  Energi dan Mineral : Kurtubi

Ketua Bid Lingkungan Hidup : Lusyani Suwandi

Ketua Bid Kehutanan, Agraria dan Tata Ruang : Teuku Taufiqulhadi

Ketua Bid Migran : Yulisa Baramuli

Ketua Bid Pembangunan dan Infrastruktur : Felly Estelita Runtuwene

Ketua Koordinator Bidang Ideologi, Organisasi dan Kaderisasi : Sri Sajekti Sudjunadi

Ketua Bid Organisasi dan Keanggotaan : Rusdi Masse Mappasesu

Ketua Bid Kaderisasi dan Pendidikan Politik : Ahmad Baidowi AR

Ketua Bid Hubungan Legislatif : Atang Irawan

Ketua Bid Hubungan Eksekutif : Muchtar Luthfi Mutty

Ketua Bid Hubungan Sayap dan Badan : Ivanhoe Arthur Robert S

Ketua Bid Penggalangan dan Penggerak Komunitas : Andri Alimuddin

Ketua Bid Pemilih Pemula dan Milenial : Lathifa Marina Al Anshori

Ketua Bid Digital dan Cyber : Donny Imam Priambodo

Ketua Bid Media dan Komunikasi Publik : Charles Meikyansah

 

Ketua Koordinator Pemenangan Pemilu : Prananda Surya Paloh


Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu Sumatera 1 (Aceh, Sumut)  : Zulfan Lindan

Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu Sumatera 2 (Sumbar, Kepri, Riau, Bengkulu) : Willy Aditya

Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu Sumatera 3 (Sumsel, Jambi, Babel, Lampung : Fauzi H Amro

Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu Jawa 1 (Banten, DKI) : A Effendy Choirie

Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu Jawa 2 (Jabar) : Saan Mustopa

Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu Jawa 3 (Jateng) : Sugeng Suparwoto

Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu Jawa 4 (Jatim) : Dossy Iskandar Prasetyo

Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu Bali, NTB, NTT : Julie Sutrisno

Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu Kalimantan : H Syarief Abdullah Al Kadrie

Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu Sulawesi : Rachmad Gobel

Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu Maluku, Maluku Utara : Rosita Usman

Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu Papua, Papua Barat : Roberth Rouw


Sekretaris Jenderal : Johnny Gerrad Plate


Wasekjend Kebijakan Publik dan Isu Strategis : Hermawi Taslim

Wasekjend Ideologi, Organisasi dan Kaderisasi : Dedy Ramanta

Wasekjend Pemenangan Pemilu : Jakfar Sidik

Wasekjend Umum dan Administrasi : Siar Anggreta Siagian


Bendahara Umum : Ahmad Sahroni


Waben Pengelolaan Dana dan Aset : Joice Triatman

Waben Penggalangan Dana : Fatmawati Rusdi

 


Posting Komentar untuk "Profil Partai NasDem"