Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peta Kekuatan Partai Politik Kalimantan Utara Hasil Pemilihan Legislatif DPRD Kabupaten/Kota 2019 - 2024

 

Hasil Pemilihan Legislatif DPRD Kabupaten/Kota  Provinsi Kalimantan Utara
Hasil Perolehan Kursi DPRD Kabupaten/Kota di Kalimantan Utara Pemilu 2019 (Sumber: KPU Data diolah)

Kekuatan Partai Politik Berdasarkan Hasil Pemilu Legislatif DPRD Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Utara 2019-2024 didominasi enam partai politik. Partai politik tersebut adalah Partai Hanura, Partai Demokrat, PDIP, Partai Golkar, Partai NasDem dan Partai Gerindra

Pada Pemilu Legislatif DPRD Kabupaten/Kota Tahun 2019 di Provinsi Kalimantan utara memperebutkan 120 kursi. Kursi tersebut terbagi 14 Dapil yang tersebar di 5 (lima) kabupaten/kota.  

Partai politik yang berhasil mendapatkan kursi DPRD Kabupatan/Kota di Provinsi Kalimantan Utara pada Pemilu Legilatisf 2019 adalah 13 partai. Tidak ada partai politik yang dominan mendapatkan kursi. Maksimal perolehan kursinya hanya 14,17 persen. Selama kurung waktu 2019-2024 kekuatan Partai Politik Kalimantan Utara berdasarkan hasil Pemilu Legislatif DPRD Kabupaten/Kota berada pada 13 partai politik tersebut. Terdapat tiga partai politik yang gagal mendapatkan kursi yaitu Partai Garuda, PKPI dan PSI

Partai Hanura dan Partai Demokrat Sebagai Pemenang

Partai Hanura dan Partai Demokrat memperoleh kursi yang sama pada pemilihan anggota legislatif DPRD Kabupaten/Kota 2019 di Kalimantan Utara. Kedua partai ini mendapatkan kursi terbanyak dibandingkan dengan partai lainnya. Kedua partai ini masing-masing mendapatkan 17 kursi dari 120 kursi yang diperebutkan.

Partai Golkar dan PDIP berada pada urutan selanjutnya dengan masing-masing mendapatkan kursi yang sama juga yaitu 13 kursi. Urutan kelima adalah Partai NasDem dengan jumlah kursi sebanyak 12.

Partai Gerindra biasanya berada pada lima besar perolehan kursi di DPRD Kabupaten/Kota beberapa provinsi, berada pada peringkat keenam dengan jumlah 11 kursi. Posisinya digeser oleh Partai Hanura yang notabene adalah partai non parlemen.

Perolehan kursi partai non parlemen di Provinsi Kalimantan Utara cukup baik karena secara akumulatif berada di atas 20 persen. Kontribusi besar datang dari Partai Hanura. Partai Hanura bahkan berada pada peringkat teratas dan berhasil menjadi pemenang di Kabupaten Nunukan sehingga berhak menjadi Ketua DPRD di kabupaten tersebut.  

Jika dilihat dari penguasaan Dapil, meskipun Partai Golkar berada pada pada urutan Keempat tetapi perolehan kursinya tersebut hampir semua Dapil. Partai berlambang pohon beringin ini hanya kosong di satu Daerah Pemilihan. Dapil kosong tersebut berada di Kabupaten Nunukan.  Partai Golkar hanya mendapatkan satu kursi setiap Dapil sehingga tidak berhasil mendapatkan jata kursi DPRD.

Perebutan Kursi DPRD Kabupaten/Kota Pemilu 2024

Kalimantan Utara merupakan provinsi ke-34 yang dibentuk Berdasarkan UU No Tahun 2012 Tentang Pembentukan Kalimantan utara sehingga pemilu 2024 merupakan Pemilu ketiga bagi Kalimantan Utara

Berbeda dengan pemilu tahun 2019, pada Pemilu 2024 ada penambahan lima kursi sehingga jumlah kursi menjadi 125 kursi. Penambahan kursi tersebut terjadi di Kabupaten Nunukan. Jika pada pemilu sebelumnya 25 kursi, pada Pemilu kali ini menjadi 30 kursi. Selain tambahan kursi jumlah Daerah Pemilihan secara keseluruhan bertambah dari 14 menjadi 15 Daerah Pemilihan. Pada tanggal 14 Februari 2024 akan menjadi penentu peta kekuatan partai politik, Kalimantan Utara apakah terdapat perbubahan atau tidak. 


Posting Komentar untuk "Peta Kekuatan Partai Politik Kalimantan Utara Hasil Pemilihan Legislatif DPRD Kabupaten/Kota 2019 - 2024"